Tuesday, March 22, 2016

Azolla untuk pupuk tanaman padi dan sayur organik


Azolla untuk padi organik
Pemanfaatan azolla sebagai pupuk tanaman organik padi dan tanaman sayur,ini memang memungkinkan. Pasalnya, bila dihitung dari berat keringnya dalam bentuk kompos (azolla kering) mengandung unsur:
Nitrogen (N) 3 - 5%, 
Phosphor (P) 0,5 - 0,9% dan 
Kalium (K) 2 - 4,5K.
Sedangkan hara mikronya berupa: 
Calsium (Ca) 0,4 - 1%,  
Magnesium (Mg) 0,5 - 0,6%, 
Ferum (Fe) 0,06 - 0,26% dan 
Mangaan (Mn) 0,11 - 0,16%. 
Berdasarkan komposisi kimia tersebut, bila digunakan untuk pupuk mempertahankan kesuburan tanah, setiap hektar areal memerlukan azolla sejumlah 20 ton dalam bentuk segar, atau 6-7 ton berupa kompos (kadar air 15 persen) atau sekitar 1 ton dalam keadaan kering. Bila azolla diberikan secara rutin setiap musim tanam, maka suatu saat tanah itu tidak memerlukan pupuk buatan lagi.
sumber (http://www.wirausahaimpian.com/2013/09/usaha-budidaya-azolla-microphylla.html)
Azolla memenuhi area persawahan sebagai pupuk hayati

 Beberapa kelompok tani di daerah Gabus dan kayen kabupaten pati jawatengah beberapa tahun ini telah mengaplikasikan azolla untuk pupuk alami pengganti urea.dengan cara bertahap para petani menebar azolla di area persawahanya,hingga pada masa kurang lebih tiga kali musim tanam dengan pupuk azolla para petani mulai membuktikan hasil panen yang tidak jauh berbeda ketika sebelumnya mereka menggunakan pupuk non organik(urea).pada awal-awal pengaplikasian azolla memang padi tampak kurang tumbuh maksimal karena faktor peralihan kandungan unsur hara yang di hasilkan
pupuk urea pada tanah pada sebelumnya.tetapi berkat kesabaran dan kegigihan para petani untuk mengembalikan kesuburan sawah dengan pupuk yang alami dan ingin mewujudkan pertanian yang organik bebas pupuk kimia,mereka tidak putus asa untuk mengaplikasikan azolla pada tanaman padi mereka hingga ahirnya mendapatkan hasil yang maksimal.


Azolla menebal menghambat tumbuhnya gulma dan rumput
Menurut keterangan dari pembina kelompok tani sekaligus pemerhati tanam azolla di gabus pati jawatengah Bpk Supadi.jika peralihan pupuk non organik ke pupuk organik azolla hanya dengan menebarkan bibit azolla di area persawahan akan agak lambat proses normalisasi unsur hara
tanahnya.untuk membantu memaksimalkan dan mempercepat proses peralihan pemakaian pupuk non organik ke organik azolla,baiknya di bantu dengan menyemprotkan atau memupuk tanah dengan fermentasi pupuk cair azolla.azolla di fermentasi dengan bahan-bahan organik lain untuk di proses sebagai POC(pupuk organik cair) MOL(mikro organisme lokal) atau sebagai HT(hormon tumbuh).pengaplikasian fermentasi azolla sebagai pupuk cair dengan di semprotkan pada tanah dan juga pada tanaman.
Azolla mengembalikan unsur hara pada tanah

Azolla dapat tumbuh maksimal pada sawah yang sudah terbebas dari pemakaian pupuk non organik.pada area persawahan dengan air dan menggenang azolla juga tumbuh pesat,terutama pada nusim penghujan.namun bukan berarti azolla tidak dapat tumbuh pada kondisi perairan sawah yang minim dan cuaca panas tanpa hujan.azolla dapat bertahan hidup meskipun pada cuaca panas dan air yang minim.pada saat kemarau atau pada saat setelah musim panen padi,azolla di biarkan tercampur tanah dan terpendam untuk meningkatkan unsur hara.di saat air sawah kembali menggenang azolla biasanya dapat tumbuh kembali dengan sendirinya dari spora yang terkandung di tanah tanpa dengan menebar bibit baru.
Azolla tumbuh pesat ketika musim penghujan
Bagi para petani yang ingin bebas biaya pupuk,membudidaya azolla dan memanfaatkan sebagai pupuk adalah langkah yang tepat dan hemat.jika alam memberikan yang murah dan dan ramah lingkungan mengapa harus pilih yang mahal dan merusak tanah?
berikut salah satu video pengaplikasian azolla pada tanan padi organik.untuk menyimaknya silahkan langsung klik videonya.


Petani mengambil azolla dari sawah untuk pakan ternak
selain memanfaatkan sebagai pupuk pengganti urea,petani di gabus pati jawatengah memanfaatkan azolla yang melimpah di area persawahan mereka sebagai pakan ternak,sapi,kambing,ayam dan ikan.sehingga selain menghemat biaya pupuk para petani dapat menghemat biaya pakan ternak.

dengan memanfaatkan azolla dari sawah petani bebas ngarit(mencari rumput)untuk ternak
demikian ulasan kami azolla pati tentang pemanfaatan azolla untuk pupuk hayati pada tanaman padi organik.semoga ulasan kami bermanfaat bagi para petani di indonesia dan di seluruh dunia.



Azollapati menyediakan bibit azolla berkualitas dengan harga murah
              pemesanan bibit azolla hubungi kami
                  phone:085264608009 *readdy WhatsApp   
    bbm pin 5D211035    

melayani pemesanan untuk pengiriman ke seluruh kota di indonesia dan kami sudah merambah pengiriman pemesanan dari luar negeri seperti         malaysia.
 

1 comment: